Kamis, 25 November 2010

Jeju Island




Jeju
Lokasi
Lokasi Jeju di Korea Selatan
Nama bahasa Korea
Hangul:제주특별자치도
Hanja:濟州特別自治道
Alihaksara Baru:Jeju Teukbyeol Jachi-do
McCune-Reischauer:Cheju T'ŭkpyŏl Chach'ido
Data dan statistik(2004
Luas:1 845,55km²
Penduduk:560 000 jiwa
Kepadatan:jiwa/km²
Pemb. administratif:si
ISO 3166-2:
Situs resmi:http://www.cyber.jeju.go.kr/


        
        Pulau Jeju atau Cheju (Hanja 濟州特別自治道, Jeju Teukbyeol Jachido), adalah pulau yang terletak di ujung semenanjungKorea dan sangat dekat dengan Jepang.
Pulau Jeju atau Jeju-do dalam bahasa Korea, adalah satu-satunya provinsi berotonomi khusus (special self-governing province) di Korea Selatan. Pulau Jeju terletak di Selat Korea sebelah baratdaya Provinsi Jeollanam-do, yang dahulunya merupakan satu provinsi yang sama sebelum terpisah pada tahun 1946. Ibukota Jeju adalah Jeju City.
Pulau Jeju adalah pulau wisata paling terkenal di Korea, bahkan orang Korea menyebut dengan istilah "Pulau Bali"-nya Korea. Di Pulau tersebut terdapat Gunung Halla, yaitu gunung tertinggi di Korea Selatan. Pulau Jeju merupakan wilayah yang paling hangat dan pada musim dingin sangat jarang turun salju, sehingga tanaman-tanaman yang biasanya tumbuh di daerah subtropis bisa bertahan hidup.
Bahasa Korea dangan dialek (saturi) Jeju adalah bahasa yang sangat khas, yang hampir mirip dengan bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan hubungan kebudayaan dan sejarah masa lalu yang erat antara kedua wilayah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar