Kamis, 25 November 2010

Great Barrier Reef


The Great Barrier Reef (Ind:Karang Penghalang Besar)*
Situs Warisan Dunia UNESCO

Karang Penghalang Besar lepas pantai Queensland
Negara PesertaFlag of Australia.svg Australia
TipeNatural
Kriteriavii, viii, ix, x
Referensi154
WilayahAsia-Pasifik
Sejarah prasasti
Prasasti resmi1981  (Sesi 5th)
Nama resmi dalam Daftar Warisan Dunia.
† Menurut klasifikasi resmi UNESCO

 

        Karang Penghalang Besar (Bahasa Inggris:Great Barrier Reef) adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queenslanddi timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi olehTaman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).
Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dariluar angkasa dan kadang disebut sebagaiorganisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun1981.
Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tujuan pariwisatayang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar