Kamis, 02 Desember 2010

Nauru


Ripublik Naoero
Bendera
MottoGod's Will First
(
Dahulukan Kehendak Tuhan)
Lagu kebangsaanNauru Bwiema
Ibu kotaYaren (de facto)[1]
Kota terbesarDistrik Yaren [2]
Bahasa resmiNauruInggris
PemerintahanRepublik
 - PresidenMarcus Stephen
Kemerdekaan
Luas
 - Total21 km2 (192)
 - Air (%)dapat diabaikan
Penduduk
 - Perkiraan 200610.600 (192)
 - Sensus -
 - Kepadatan621/km2 (9)
PDB (KKB)Perkiraan 2005
 - TotalUSD 0,06 miliar (191)
 - Per kapitaUSD 5.000 (103)
Mata uangDolar Australia ([[ISO 4217|AUD]])
Zona waktu(UTC+12)
 - Musim panas (DST) (UTC+12)
Domain internet.nr
Kode telepon674
1 Nauru adalah satu-satunya negara tanpa ibukotaresmi. Daerah pemukiman terbesar berada di Distrik Yaren.



Republik Nauru adalah negara berbentuk republik terkecil di dunia. Negara ini tidak memilikiibukota resmi. Nauru terkenal dengan hasil produksi fosfatnya yang telah ditambang oleh gabungan perusahaan asing sejak 90 tahun terakhir.
Nauru tidak memiliki kota maupun ibu kota, namun Yaren umumnya dianggap sebagai ibu kotanegara secara de facto karena sebagian besar kantor pemerintahan pusat terletak di distrik ini.PBB menggolongkan Yaren sebagai "distrik utama".

Politik
Sebanyak 18 anggota parlemen terpilih pada tahun2004. Parlemen ini kemudian bertugas memilihpresiden yang menjabat sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Dalam sistem multipartai, secara informal terdapat dua partai di Nauru, yaitu Partai Demokratik (Democratic Party) dan Partai Nauru (Nauru Party).
Pada tahun 1999 dan 2003, terjadi peristiwa yang menyimpang dari aturan mekanisme pengambilan suara yang intinya memilih René Harris danBernard Dowiyogo sebagai pimpinan negara alternatif. Adapun Dowiyogo meninggal saat menjabat pada tanggal 10 Maret 2003 di Washington D.C. setelah menjalani operasi jantung.Ludwig Scotty yang terpilih sebagai presiden pada tanggal 29 Mei 2003 untuk melanjutkan tugas presiden sebelumnya hampir saja gagal memenangkan pemilu yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2003 apabila Harris tidak memberikan dukungannya.
Pada tanggal 1 Oktober 2004Scotty memberlakukan status darurat dan membubarkan parlemen yang dianggapnya gagal mengesahkan APBN. Ia lalu memenangkan pemilu yang diadakan pada bulan itu.
Pada tahun 2003, Nauru sempat memutuskan diplomasi dengan Taiwan yang telah dijalin selama 22 tahun dan berpaling kepada Republik Rakyat Cina. Diplomasi dengan Taiwankembali dijalin pada Mei 2005.

Geografi
Nauru adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan, persis di bawah garis khatulistiwa dan di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Jarak dari Pulau Papuake Nauru kira-kira sebanding dengan jarak dari Pulau Papua ke Pulau Jawa.

Distrik
Nauru dibagi menjadi 14 distrik, yaitu:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar